Ahlussunnah Search Engine :

Loading

Wednesday, April 13, 2011

Manfaatkan 5 Perkara sebelum datang 5 Perkara

oleh Mubarak Bamualim - Mubarak - Jagalah Lima Perkara 

Manfaatkan 5 perkara sebelum 5 perkara lain (dari Hadits Riwayat imam al hakim dishohih oleh albani) :

1.Manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu.
  Dimana dimasa tua  fisik,ingatan,tenaga,dan lainnya lebih lemah daripada masa masih muda.Maka gunakanlah masa muda kita untuk hal-hal yang bermanfaat.
2.Manfaatkan masa sehatmu sebelum datang masa sakit.
  Ada 2 nikmat yang manusia sering lalai dari hal tersebut : nikmat sehat dan waktu luang.Dan kebanyakan dari mereka yang lalai,ketika sakit menyesal kenapa dulu waktu sehat aku tidak memanfaatkan kesehatan ku untuk beribadah dan hal-hal bermanfaat lainnya.

3.Manfaatkan kekayaan sebelum datang kepadamu kefakiran.
  Sesekali kita berada diatas sesekali kita berada dibawah.Disaat diberikan nikmat berupa kekayaan hendaklah dimanfaatkan sebaik2nya.
4.Manfaatkan waktu kosong sebelum datang kesibukanmu.
  Jangan tunda-tunda waktu untuk melakukan suatu kebaikan karena terkadang kita tidak tahu apa yang ada di beberapa waktu kedepan,apakah akan ada pekerjaan mendesak,mungkin ada tamu yang datang,mungkin kita bisa lupa atau ada hal lain yang menghalangi kita untuk melakukan apa yang kita tunda tadi.
5.Manfaatkan hidupmu sebelum datang kematianmu.
  Ali bin abi thalib radhiallahu'anhu berkata :"sesungguhnya sekarang adalah masa beramal tidak ada hisab,tapi nanti hanya ada hisab tidak ada amal perbuatan."
  Sementara Umar bin Khattab radhiallahu'anhu  berkata :"hisablah dirimu sebelum datang hisab yang sesungguhnya."
  Para ulama berkata " manusia itu di kala hidupnya dia lalai dia tidur tapi ketika dia mati baru dia terbangun karena kelalaiannya dari waktu yang berlalu yang tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya."
  Kebanyakan manusia mengetahui bahwa hidup itu hanya sekali,sekali kita gagal menjalani hidup ini..kita buang kesempatan beramal, beribadah kepada Allah, kita sia-siakan waktu dengan bermain bersenda gurau dengan hal-hal yang tidak bermanfaat..lalu kemudian kita mati dalam keadaan itu, kita akan menyesal selamanya.
  Bukankah Rasulullah bersabda :"salah satu tanda kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat."

No comments:

Post a Comment