Ahlussunnah Search Engine :

Loading

Tuesday, October 19, 2010

Dakwah harus dari Akidah atau Shalat,bukankah Shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab?

Dakwah harus dari Akidah atau Shalat,bukankah Shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab?

Shohih bahwa shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab tapi mentauhidkan Allah lebih utama tapi kita lihat praktek para nabi dan rasul yang dijelaskan dlm alquran.
1.Islam dilihat dari Rukunnya yang pertama adlah syahadat mengesakan Allah dan menyingkirkan dari sekutunya serta mengakui nabi Muhammad adalah RasulNya..Bagaimana dan apa saja syarat mengesakan Allah dan menyingkirkan sekutunya?Dalam hal apa saja kita mengesakan Allah?Apa saja yang sering dan dapat dijadikan sebagai tandingannya itu yang harus kita singkirkan?Semuanya ini diajarkan dalam akidah tauhid..banyak dari hal-ini ini yang dimaksudkan sebagai hakikat dan konsekuensi dari syahadat laa ila ha illallah.
2.Kalo kita tidak menumbuhkan akidah yang shohih dan ketundukan kepada Rabbul 'Alamin,bagaimana orang akan menerima shalat yang benar sesuai shalat Rasulullah?apalagi masalah fiqih yang banyak ulama sering berselisih.
3.Terus kalo ada orang yang shalat dalam keadaan berbuat syirik maka shalatnya tidak sah dan tidak diterima. Sedangkan apa itu syirik dan cabang2nya sangatlah luas dan Pengertian Tauhid juga demikian maka bgm kita bisa membedakan apakah ini syirik atau tidak tanpa mempelajarinya?
4.Tapi bukan berarti kita tidak mengajarkan shalat yang benar, hal ini bisa kemudian mengikuti , seperti diselingi dan dimasukkan kedalam bahan pengajaran bila masyarakat telah mengenal akidah yang benar.
Muadz bin Jabal ketika di kirim ke Yaman untuk berdakwah apakah yang pertama kali diperintahkan oleh rasulullah adalah untuk mngajarkan shalat?
Tapi rasulullah bersabda kepada Muadz "hendaklah hai muadz yang pertama kali kamu dakwahkan kepada manusia adalh mentauhidkan Allah.kalo mereka melakukan itu baru ajarkan kepd mereka sesungguhnya Allah mewajibkan atas mereka shalat 5 waktu karena shalat adalah amalan yang pertama kali dihisab."

No comments:

Post a Comment